Efektivifitas Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Prestasi Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Argosari Sedayu Bantul
DOI:
https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i2.53746Keywords:
IPAS, Pop-Up Book, Prestasi Belajar, Quasi Eksperimen, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji tingkat keberhasilan belajar siswa kelas V di bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD Muhammadiyah Argosari Sedayu Bantul melalui media pembelajaran Pop-Up Book. Studi semacam ini menggunakan pendekatan kelompok kontrol yang tidak setara menggunakan teknik kuasi-eksperimental. Dalam penelitian kuasi eksperimen ini, Kelas V B (21 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan Kelas V A (21 siswa) sebagai kelompok kontrol merupakan sampel yang ditetapkan melalui teknik purposive sampling, dengan pertimbangan bahwa kedua kelas memiliki karakteristik dan kemampuan awal yang setara untuk mengontrol variabel luar. Menggunakan tes dalam bentuk Pretest, Posttest, dokumentasi, dan analisis data yang dilakukan di bawah uji-t independen membentuk metode pengumpulan data. Kelas eksperimen mencapai 80,99; Skor pascatest kelas kontrol adalah 73,69. Setelah penerapan media pembelajaran Pop-Up Book, hasil uji-t untuk Posttest mengungkapkan tingkat signifikansi 0,014 (< 0,05), sehingga menunjukkan perbedaan yang bermakna antara kedua kelas tersebut dalam hal prestasi belajar siswa.