Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru: Sebuah Meta-Analisis Terhadap Literatur Transformasi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i2.53699Keywords:
Kinerja Guru, Lingkungan erja, Meta-Analisis Kualitatif, Motivasi Kerja, Studi LiteraturAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mensintesis temuan-temuan empiris mengenai pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di Indonesia. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur (library research). Data diperoleh dari lima belas artikel ilmiah nasional yang dipublikasikan dalam jurnal bereputasi antara tahun 2016 hingga 2022, dan dipilih secara purposif berdasarkan indikator relevansi topik, akreditasi jurnal, dan kelengkapan data metodologis. Analisis dilakukan dengan pendekatan meta-analisis kualitatif melalui sintesis tematik dan interpretasi mendalam antarhasil penelitian. Hasil studi menunjukkan bahwa baik motivasi kerja maupun lingkungan kerja secara konsisten berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja guru, baik secara individu maupun simultan. Motivasi kerja terbukti mendorong produktivitas, semangat mengajar, dan kesiapan guru dalam menghadapi tantangan pembelajaran. Sementara itu, lingkungan kerja yang kondusif, baik secara fisik maupun psikososial, mampu memperkuat kinerja guru melalui penciptaan iklim kerja yang sehat. Temuan juga menunjukkan bahwa kombinasi motivasi kerja dan lingkungan kerja memiliki efek sinergis dalam meningkatkan efektivitas peran guru di berbagai jenjang pendidikan. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini merekomendasikan pentingnya intervensi kebijakan yang terintegrasi untuk memperkuat faktor internal dan eksternal guru dalam rangka mendukung peningkatan kualitas pendidikan secara menyeluruh.