Analisis Literasi Sains Siswa SD tentang Pemanfaatan Energi Terbarukan dalam Kehidupan

Authors

  • Hesti Aulia Mahasiswa UNEJ
  • Sudarti Universitas Jember
  • Singgih Bektiarso Universitas Jember
  • Iwan Wicaksono Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i2.53754

Keywords:

Energi Terbarukan, Literasi Sains, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis profil literasi sains siswa SD tentang pemanfaatan energi terbarukan dalam kehidupan sehari-hari. (2) Mengeksplorasi model pembelajaran yang berhasil dalam meningkatkan literasi sains siswa SD tentang energi terbarukan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas Va dan Vb SD Negeri Kandangtepus 02 yang bersedia menjadi bagian eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan dengan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumen. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa analisis literasi sains siswa SD tentang pemanfaatan energi terbarukan menunjukkan bahwa meskipun mayoritas siswa memiliki tingkat literasi sains yang cukup hingga tinggi, terdapat kesenjangan antara kemampuan menjelaskan fenomena ilmiah dan kemampuan merancang atau mengevaluasi penyelidikan ilmiah. Faktor-faktor seperti gaya belajar, minat baca yang rendah, kebiasaan belajar menghafal, dan metode pengajaran guru yang kurang interaktif turut mempengaruhi tingkat literasi sains siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30